Monday, April 29, 2013

Manajement bab 6 : Pengorganisasian


Bab VI :
PENGORGANISASIAN

Konsep Dasar Pengorganisasian ?

                Pemimpin/Manajer mengalokasikan keseluruhan sumber daya organisasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat berdasarkan suatu kerangka kerja organisasi tertentu.
                Kerangka kerja tersebut dinamakan sebagai Desain Organisasi.
                Bentuk Spesifik dari kerangka kerja organisasi dinamakan dengan Struktur Organisasi.
                 




Tujuan Pengorganisasian ?
  1. Membagi pekerjaan yang harus dilakukan ke sejumlah departemen
  2. Membagi tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan masing-masing pekerjaan
  3. Mengoordinasikan berbagai tugas organisasi
  4. Mengelompokkan sejumlah pekerjaan ke sejumlah unit
  5. Membangun hubungan diantara individu, kelompok dan departemen.
  6. Menetapkan sejumlah garis wewenang formal
  7. Mengalokasikan dan menggunakan secara efektif sumber daya organisasi 
            
     

Direktur-àManajer keuangan,Manajer produksi,manajer pemasaran,Manajer SDM
Manajer pemasaran terbagi 2 : Bagian penjualan dan bagian promosi
Empat Pilar Pengorganisasian





(Four Building Blocks of Organizing)
o  Pilar Pertama :
                Pembagian kerja (division of work)
o  Pilar Kedua :
                Pengelompokan Pekerjaan (Departmentalization)
o  Pilar Ketiga :
                Penentuan relasi antar bagian dalam organisasi (hierarchy)
o  Pilar Keempat :
                Penentuan mekanisme untuk mengintegrasikan aktifitas antar bagian dalam organisasi atau koordinasi (coordination)


Faktor-faktor yang mempengaruhi Struktur Organisasi
  1. Strategi Organisasi
  2. Skala Organisasi
  3. Teknologi
  4. Lingkungan


Beberapa pendekatan dalam Departementalisasi
o  Berdasarkan Fungsional
o  Berdasarkan Produk
o  Berdasarkan Pelanggan
o  Berdasarkan Geografis
o  Berdasarkan Matriks



























No comments:

Post a Comment